N43SL, Jagoan Asus di Kelas Menengah

19 Apr 2011

Kehadiran generasi baru Sandy Bridge diadopsi cepat berbagai vendor komputer, salah satunya Asus dengan N43SL. Sebuah notebook untuk kelas menengah yang hadir dengan spesifikasi menawan.

Asus N43SL, hadir dengan Intel Core i7 2650QM yang merupakan gerasi kedua dari keluarga Sandy Bride. Notebook ini dilengkapi dengan memori berkapasitas 3GB dan Windows 7 Ultimare 64 bit. Dari sini sudah terlihat jika produk ini ditujukan untuk pengguna kelas menengah ke atas.

Desain

asus-4

Sebelum menguji performanya, detikINET akan coba mengulas sedikit mengenai tampilan serta interface terlebih dahulu.

Dari luar sudah terlihat notebook ini memiliki kesan elegan dengan lapisan metal di bagian atas serta bodinya yang ramping. Dominasi metal dan warna perak pun menambah kesan modus pada produk ini, namun bukan berarti mengurangi segi kenyamanan.

Di bagian dalam terdapat keyboard dengan tuts berukuran besar. Empuk dan nyaman ketika digunakan. Touchpadnya yang dikelilingi bahan metal juga memberikan responsif yang baik ketika disentuh. Lekukan pada kedua sisi juga menambah nilai estetika pada Asus N43SL.

asus-1

Di samping kiri terdapat dua port USB, HDMI, LAN Headphone dan Mic, serta lubang buang untuk udara panas. Sedangkan di bagian kanan terdapat dua port USB (satu USB 3), DVD-Rom dan sebuah switch untuk mengaktifkan Wi-fi.

Untuk tombol Power terlepak pada bagian dalam, persis berada di bawah speaker yang bisa menghasilkan suara stereo. Tombolnya transparan, dengan backlight warna putih. Hal serupa juga digunakan untuk indikator baterai, hardisk dan wi-fi.

Perfoma

asus-3
Selain menonjolkan penampilan, Asus N43SL juga mengedepankan performa yang luar biasa. Hal itu coba dibuktikan melalui prosesor Intel Core i7 2650QM (2GHz)yang mampu menangani hingga 8 thread sekaligus.

Ketika dijajal detikINET dengan aplikasi PCMark Vantage, notebook ini berhasil menorehkan angka sekitar 7183. Dan di Windows Experience Index prosesornya mendapatkan skor 7,4 dengan perolehan paling kecil di memori sebesar 5,5.

Untuk kartu grafis, Asus N43SL menggunakan Nvidia Geforce GT 540M dengan kapasitas memori 2GB. Cukup perkasa untuk digunakan bermain game, olah video, atau sekadar menyaksikan tayangan High Definition (HD).

Kualitas Audio & Video

asus-2

Asus N43SL mengusung sistem audio dari Bang & Olufsen ICE Power, sama seperti NX90 yang sebelumnya pernah diuji detikINET. Keluaran suaranya cukup detail, meski suara bass kurang terasa \’nendang\’.

Produk ini memiliki layar LED berukuran 14 inchi yang mampu menampilkan resolusi sebesar 1377×768 pixel. Selayaknya panel LED lain, tampilannya tajam, contrast-rasio terlihat baik, sangat baik untuk mengetik atau menonton. Tapi sayangnya, layar ini juga mudah sekali memantulkan cahaya yang membuatnya kurang cocok digunakan di luar ruangan.

Dengan spesikasi kelas atas, desain yang menawan, serta sejumlah fitur yang ada, membuat N43SL menjadi ujung tombak Asus di notebook kelas premium. Hanya saja notebook ini terbilang haus daya, ketika digunakan untuk menyaksikan film HD produk ini hanya mampu bertahan sekitar 1,5 jam.

Kelebihan:
+ Desain keren
+ Performa tinggi

Kekurangan:
- Boros baterai

asus-5

Spesifikasi Asus N43SL:

Prosesor: Intel® Core™ i7 2630QM
Sistem operasi: Windows 7 Ultimate
Chipset: HM64 Express
Memory: DDR3 1333 MHz 3GB
Layar: LED 14.0\” 16:9 HD (1366×768)
GPU: NVIDIA GeForce GT 540M 2GB
Hardisk: 640GB
Dimensi: 5.0 x 24.0 x 3.30 cm (WxDxH)
Berat: 2.40 kg dengan baterai


TAGS review notebook asus laptop


-

Author

Follow Me