Melongok Sejarah Prosesor di Museum Intel

20 Sep 2011

4208d2d249b9082a6ef304e62cee371d_intel

Sebagai salah satu produsen chip yang sudah kawakan, maka tidak heran jika Intel memiliki sebuah museum yang menampilkan seluruh produk mereka. Di tempat ini pengunjung juga dapat mengetahui seluk beluk perkembangan prosesor.

Museum Intel, terletak di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Kota yang termasuk bagian dari Sillicon Valley ini memang seperti menjadi markas para vendor IT terkemuka di dunia.

Untuk mencapai ke tempat ini tidaklah sulit, saya yang kebetulan berada di San Francisco hanya memanfaatkan transportasi umum untuk sampai ke tempat tujuan.

Suasana Nyaman Museum yang Mungil

Museum Intel memiliki tempat yang tak terlalu besar, meski demikian pengguna dijamin nyaman saat berada di dalamnya.

Seluruh area museum ini didominasi oleh warna biru, warna yang memang sudah menjadi khas Intel. Sebagai tempat yang menceritakan tentang perkembangan teknologi, museum ini pun dibuat sedemikian apik dengan metode penjelasan yang serba canggih.

Tak jauh dari pintu masuk, pengunjung sudah disodori sebuah layar sentuh berukuran besar yang bisa digunakan untuk menjelajahi sejarah Intel.

Yukk tengok apa saja yang ada di museum tersebut.

Kiprah Intel di Dunia IT

Sepak terjang Intel di dunia IT memang sudah tidak diragukan lagi, produsen asal Amerika Serikat ini jelas memiliki sejumlah temuan yang sudah mengubah cara orang berkomputasi.

Sejarah singkat perkembangan Intel mulai bisa dijumpai saat pengunjung memasuki area Museum Intel. Di situ diceritakan kiprah Intel yang dimulai oleh Gordon E Moore dan Robert N Noyce pada tahun 1968.

Singkat cerita, duo pecetus Intel itu kedatangan Andy S Grove yang kemudian membantu mereka untuk mulai membuat microprocessor.

Tahun 1971 Intel untuk pertama kalinya berhasil melahirkan Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM), yang kemudian mulai dipasarkankan dan dipatenkan setahun setelahnya.

Intel memang sudah kadung terkenal sebagai produsen pembuat chip untuk komputer, namun siapa sangka, sebelumnya mereka juga pernah merilis sebuah chip untuk kalkulator.

Selain kalkulator, ternyata Intel juga pernah membuat komponen untuk jam tangan. Tahun 1972 Intel mencaplok pembuat jam digital Microma lalu kemudian memproduksi layar untuk perangkat tersebut.

Personal Computer (PC) pertama dimotor Intel dibuat oleh IBM pada tahun 1978. Sejak saat ini banyak pengguna yang sudah mulai merasakan manfaat kompututasi.

Pengguna komputer yang sudah cukup lama pasti akrab dengan prosesor desktop PC Intel486. Ya, di museum ini Intel juga menceritakan sejarah prosesor tersebut, kemudian dilanjutkan ke generasi setelahnya seperti Pentium.

Selain prosesor desktop PC, Intel juga memamerkan sejumlah prosesor untuk kelas enterprise dan prosesor untuk super komputer.

Selain sejarah prosesor, melalui tempat yang tampil serba biru ini Intel juga memamarkan bagaimana cara mereka merancang dan membuat prosesor.

Museum Intel sejatinya mulai dibangun pada tahun 1980, tapi baru dibuka untuk umum sejak 1992. Dari pertama dibangun hingga saat ini, museum yang bersebelahan dengan markas besar Intel itu sudah diperluas hingga tiga kali lipat, sekarang juga sudah terdapat toko yang menyediakan beragam souvenir khas Intel.

Hmm.. jadi pengen ke sana lagi :pray


TAGS intel museum sejarah jalan amerika san francisco prosesor


-

Author

Follow Me