Uncharted 3, Membawa Sensasi Film ke Dalam Game

18 Nov 2011

uncharted-nembak

Tak banyak game seperti Uncharted 3: Drake’s Deception. Game ini tidak hanya tersaji dengan grafis ciamik, namun seluruh elemen di dalamnya mampu membuat gamer seakan sedang menyaksikan film layar lebar.

Uncharted kali pertama diperkenalkan oleh Naughty Dog, kala itu tak banyak game yang melihat ini sebagai game fenomenal. Nah kini, 4 tahun setelah game pertama, Uncharted dihadirkan oleh pengembang yang sama dengan judul Drake’s Deception.

Seperti khasnya, Drake’s Deception masih mencerikan petualangan Drake, tokoh utama, yang sedang berburu harta karun berupa kota yang hilang. Seri kali ini juga fokus terhadap kisah sukses sang jagoan, seperti hubungannya dengan sang mentor, Sully.

Hubungan antara Drake dan Sully coba digambarkan dalam permainan singkat. Kala itu Drake yang masih remaja, bertemu Sully di sebuah museum. Singkat cerita keduanya pun saling berjabat tangan demi tujuan yang sama, berburu harta karun.

Petualangan kali ini akan membawa pemain ke berbagai tempat di penjuru dunia, sebut saja perkotaan London, pedalaman hutan Perancis, Kolombia, hingga padang pasir gersang di Rub’al Khali. Tak mudah melewati itu semua, karena sang jagoan harus berhadapan dengan pasukan Katherine Marlowe yang seakan tak pernah habis.

uncharted-dikapal

Sistem Permainan Serupa Tapi Tak Sama

Soal sistem permainan, Naughty Dog membuat game ini masih sama dengan seri terdahulunya. Banyak adegan melompat, memanjat, baku tembak, hingga adu jotos dengan pasukan musuh yang juga mengincar harta karun yang sama.

Tapi bedanya, Uncharted 3 memiliki gerakan yang lebih alami, misalnya ketika memanjat. Ada kalanya pemain akan terjatuh, terpeleset, atau terpental ketika memanjat bangunan tinggi. Pijakan yang runtuh pun bakal sering dijumpai dalam permainan ini. Dijamin, semuanya bisa membuat pemain merasa deg-degan.

Sistem pertempuran juga sudah disempurnakan, salah satunya kini pemain bisa pemain bisa menembak saat sedang memanjat bangunan. Seperti yang pernah dituliskan saya pada preview beberapa waktu lalu.

Tapi yang paling asyik adalah sistem perkelahiannya. Gerakan tinju sang jagoan amat beragam, dan aksi menjatuhkan lawan pun bisa berbeda-beda, tergantung dengan lingkungan sekitar.

uncharted-nampol

Umpamanya ketika sedang di bar dengan banyak botol minuman di sekeliling, maka pemain bisa menghajar musuh dengan memecahkan botol di kepala. Itu baru satu contoh, masih banyak adegan finising lainnya yang tak kalah seru.

Selain itu elemen menarik lain dari game ini adalah skema teka teki yang menarik, tak membuat frustasi dan mampu membuat para pemainnya merasa terus tertantang hingga ketagihan. Percaya atau tidak, sekali memainkan game ini Anda tak akan bisa berhenti sebelum teka teki terpecahkan.

Grafis Mengagumkan ala Film Layar Lebar

Soal grafis, tak dipungkiri lagi jika game ini memang sungguh luar biasa. Tak pernah terbayangkan bakal ada game PlayStation 3 seperti Uncharted 3.

uncharted-dipasir

Tak hanya soal detail gambar, reaksi pemain pun tampak alami sekali dalam game ini. Raut wajah Drake akan terlihat mencerminkan kondisi saat itu, sedang sedih, kesal, atau ketika sedang kesakitan.

Penampilan Drake juga akan berubah-ubah. Maksudnya, ketika sedang berpetualang di padang pasir, maka sang tokoh utama akan terlihat kotor penuh debu. Pun demikian usai tercebur ke laut, pakaian pemain akan terlihat basah kuyub.

Detail lainnya tampak pada efek kehancuran dalam game ini. Entah itu ledakan, tabrakan, reruntuhan, hingga deburan debu di padang pasir terlihat begitu nyata dan alami. Apalagi game ini telah mendungkung 3D, membuatnya makin sempurna.

uncharted-berenang

Dua Jempol untuk Tatanan Suara

Well, tak lengkap tampaknya jika tidak mengulas kualitas suara dalam game ini. Apalagi Uncharted 3 tergolong game yang mengambil tempat di beberapa ruangan.

Ketika memainkan game ini saya menggunakan speaker berkonfigurasi 5.1 dengan output Dolby Digital. Jadi hasilnya?

Untuk adegan adu tembak atau efek ledakan sudah bisa ditebak, suara menggelegar dan mampu menggetarkan isi ruangan. Tapi kalau hanya itu sudah biasa, Uncharted 3 justru memiliki nilai lebih pada suara percakapan masing-masing karakter.

uncharted-girl

Gamer akan menyadari betul bagaimana kondisi Drake, atau pun rekannya saat itu. Setiap percakapan dilakukan dengan penuh rasa emosional, bisikan, desahan, rintihan, hingga teriakan para karakter terdengar begitu alami. Seakan membuat pemain berada di dalamnya.

uncharted-naekkuda

Bonus Multiplayer

Usai menyelesaikan seluruh misi dalam modus campaign, saatnya saya beranjak ke modus multiplayer yang terdiri dua bagian, Co-op dan competitive.

Seperti kebayakan game lainnya, modus Co-op memungkinkan gamer dengan satu pemain lainnya menjalani beberapa misi secara bersamaan. Lalu modus competitive diisi oleh fitur standart seperti team deathmatch, deathmatch, capture the flag, dan lainnya.

uncharted-lompat

Secara keseluruhan, Uncharted 3: Drake’s Deception memang bisa dikatakan sebagai salah satu game terbaik yang pernah dibuat. Tak heran jika game ini mampu mencetak angka tinggi di hari pertama penjualannya.

Semua elemen dalam game ini digarap dengan baik oleh Naughty Dog sehingga tak hanya memberikan pengalaman seru bermain game, namun juga mampu menghadirkan sensasi film layar lebar melalui sebuah permainan yang interaktif.


TAGS review game sony ps3 uncharted drake


-

Author

Follow Me